Rabu, 28 September 2011

Pasang Jadwal Sholat di Sidebar Blog

P
ada postingan terdahulu di blog ini telah dibahas mengenai pemasangan jadwal sholat di blog. Kali ini blog Klik Munadi akan membahas hal yang serupa dan jadwal sholat tersebut masih bersumber dari Republika. Namun, jadwal sholat yang berikut ini memiliki beberapa perbedaan bila dibanding dengan jadwal sholat dari Republika lainnya.
Ukuran jadwal sholat ini tingginya jauh lebih rendah dari yang sebelumnya. Jadwal sholat ini dilengkapi dengan hari, tanggal, dan tahun serta jam kapan jadwal sholat tersebut diakses. Selain itu, tampilannya disertai dengan pesan sponsor. Jadwal sholat ini memuat waktu sholat untuk 56 wilayah atau kota di Indonesia. Embed dari jadwal sholat tersebut adalah:
<iframe src="http://www.republika.co.id/jadwal_sholat/index.php" scrolling="no" width="300" height="130" frameborder="no" framespacing="0"> </iframe>


Jadwal sholat yang satu ini cocok dipasang di sidebar sebuah blog yang mempunyai lebar 300 piksel atau lebih. Namun, bila ingin tetap menaruhnya di sidebar yang kurang dari 300 piksel, kita dapat menggunakan fungsi scroll untuk menyiasatinya. Misalnya, kita akan memasang jadwal sholat ini pada sidebar yang mempunyai lebar 262 piksel atau kurang dari itu, maka kita apit embed jadwal sholat tersebut dengan kode <div style="overflow:auto; width:100%px;"> dan </div>. Sehingga kodenya menjadi seperti di bawah ini.

<div style="overflow:auto; width:100%px;"><iframe src="http://www.republika.co.id/jadwal_sholat/index.php" scrolling="no" width="300" height="130" frameborder="no" framespacing="0"> </iframe></div>

Maka hasilnya adalah seperti di bawah ini:


Untuk memasangnya di sidebar, silakan masuk ke akun Blogger >> Rancangan >> Elemen Laman >> Tambah Gadget >> HTML/JavasScript. Lalu masukkan kodenya di Konten dan Simpan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar