Jumat, 14 Desember 2012

Cara Membuat Simbol Derajat di Blogger

Cara Membuat Simbol Derajat di Blogger - Dalam membuat artikel di Blogger, terkadang kita membutuhkan simbol-simbol tertentu untuk melengkapi tulisan kita. Salah satunya adalah simbol derajat ( ° ). Simbol derajat ini kita perlukan saat kalimat dalam tulisan kita ada yang mengandung unsur sudut kemiringan, skala suhu seperti Celcius, Fahrenheit, dan lain sebagainya.

Misalnya saja ada kalimat yang berbunyi, "Jumlah sudut-sudut segitiga adalah 180 derajat.". Akan lebih menarik jika kata "derajat" tersebut kita gantikan dengan simbol derajat sehingga hasilnya menjadi "Jumlah sudut-sudut segitiga adalah 180°.".

Begitu pula dengan satuan suhu, misalnya "37 derajat Celsius" akan lebih menarik bila tertulis "37 °C". Nah, saat menulis artikel di Blogger, kita bisa membubuhkan simbol derajat tersebut. 

Simbol Derajat
Ada 2 cara yang saya ketahui untuk membuat simbol derajat di Blogger. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kode HTML tertentu. Sedangkan cara yang kedua yaitu dengan menggunakan keyboard.

Untuk membuat simbol derajat menggunakan kode HTML adalah dengan mengetikkan kode ° pada posisi "HTML" bukan di "Compose". Contohnya, pada posisi "HTML" tertulis 60° maka saat kita ke "Compose" hasilnya menjadi 60°. Kalau kita kembali lagi ke posisi "HTML" maka kode HTML untuk derajat tersebut sudah berubah menjadi simbol derajat ( ° ).

Cara yang ke-dua adalah dengan memanfaatkan keyboard. Saat kita akan membuat simbol derajat, tekan dan tahan tombol "Alt" kemudian ketikkan angka 248 pada numeric keypad. Setelah itu lepas tombol "Alt" tadi maka simbol derajat akan terbentuk.

Cukup sekian tulisan singkat yang dapat saya ketikkan di Blog Mulyono Website ini. Semoga dapat berguna buat teman-teman sekalian, terutama buat sahabat blogger di indonesia. Jangan pernah lupa untuk membagikannya di jejaring sosial facebook, twitter dan google plus. Sampai ketemu di informasi berikutnya, thanks sobat, Heppy Bloging!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar