Selasa, 07 Februari 2012

Cara Membuat Blog di Blogger

Web Log biasa disingkat dengan sebutan Blog merupakan salah satu aplikasi web berbentuk suatu tulisan-tulisan. Tulisan-tulisan ini disebut posting pada halaman web. Urutannya dimulai dari yang terbaru diikuti posting-posting yang sebelumnya.

Salah satu penyedia blog gratis yang populer saat ini adalah Blogger. Untuk dapat mendaftar dan mempunyai akun di Blogger, sebelumnya kita harus sudah mempunyai akun gmail (Google Mail). Bila sudah memiliki akun gmail, Anda dapat menyimak langkah-langkah membuat blog di Blogger di bawah ini.

1. Silakan kunjungi http://www.blogger.com, kemudian klik tombol "Memulai".

Klik tombol "Memulai".

2. Selanjutnya silakan isi data-data yang diminta. Setelah itu klik "LANJUTKAN".

Mengisi data-data yang diminta.

3. Untuk memverifikasi akun Anda, silakan pilih opsi verifikasi, misalnya pesan teks. Lalu pilih negara, jenis ponsel, dan isikan nomor teleponnya. Sesudah itu klik tombol Kirim kode verifikasi.

Verifikasi akun Anda.

4. Setelah menerima kode verifikasi, silakan isi kodenya lalu klik tombol Verifikasi.


5. Langkah berikutnya adalah memberi nama blog Anda. Isikan judul blog yang diinginkan. Setelah itu masukkan alamat blog (url) yang dikehendaki. Kemudian klik Cek Ketersediaan. Jika alamat blog yang diinginkan tersedia, silakan klik LANJUTKAN. Bila tidak tersedia, silakan diulangi sampai didapatkan alamat blog yang diinginkan.

Memberi nama blog.

6.Selanjutnya adalah memilih template awal. Pilih template yang diinginkan. Anda dapat mengubah atau mengganti template nanti. Setelah itu klik LANJUTKAN.

Memilih template awal.

7. Sekarang blog sudah jadi. Silakan klik MULAI BLOGGING untuk mulai ngeblog.

Blog sudah jadi.

8. Silakan isi judul posting, lalu isikan materi posting Anda, isikan label. Setelah itu klik tombol TERBITKAN ENTRI untuk mem-publish artikel atau klik tombol PRATINJAU bila ingin melihat previewnya terlebih dahulu.

Menulis entri di Blogger.

9. Sekarang entri blog Anda sudah berhasil diterbitkan. Klik Lihat Entri untuk melihatnya.

Entri berhasil diterbitkan.

10. Posting sudah diterbitkan.

Tampilan blog yang sudah jadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar