Rabu, 22 Februari 2012

Tukar Link di Blogspot

T
ukar link adalah kegiatan saling menaruh link home page atau beranda blogger lain di blog masing-masing. Hal ini terjadi biasanya setelah, misalnya, blogger A telah menaruh  atau memasang link blogger B di blognya. Kemudian blogger A memberitahukan hal tersebut kepada blogger B melalui berkomentar atau meninggalkan pesan di buku tamu blog blogger B. Nah, bila blogger B juga menaruh link blogger A di blognya, maka sampai di sini kita katakan terjadi pertukaran link.

Tujuan bertukar link salah satunya adalah untuk menjalin persahabatan antarblogger. Selain itu, bertukar link juga dapat menambah link yang mengarah ke blog kita (link in). Makin banyaknya "link in" ini dianggap dapat meningkatkan Google PageRank blog kita.

Kegiatan bertukar link ini dapat dilakukan baik secara manual maupun otomatis. Bila secara otomatis berarti kita menggunakan layanan dari pihak ke-tiga seperti Mister Linky's. Pada dasarnya untuk bertukar link secara manual, kita harus sudah mempunyai pengetahuan tentang memasang link di blog. Untuk itu Anda dapat membaca-bacanya di sini.

Bila sudah mendapatkan link dari blogger lain, kita bisa menaruh link teman-teman kita tersebut di sidebar atau di postingan tersendiri. Terserah kita mau taruh di mana. Kalau ingin ditaruh di sidebar, tinggal masuk ke Rancangan > Elemen Laman > Tambah Gadget > HTML/JavaScript. Kemudian berikan judulnya, misalnya Blogroll. Lalu masukkan link-link tersebut di "Konten". Selanjutnya klik tombol "SIMPAN".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar