Rabu, 18 Juli 2012

Ciri-ciri Orang yang Mau Berbuat Kriminal

Hidup di kota besar seperti Jakarta memang harus selalu waspada terhadap berbagai tindak kejahatan yang dapat menimpa kita. Apalagi menjelang bulan puasa ini, biasanya tingkat kebutuhan ekonomi mulai meningkat sehingga kita harus lebih mawas diri agar terhindar dari sasaran aksi kejahatan.

Saya teringat beberapa waktu lalu dalam sebuah acara berita kriminal di televisi, di akhir acara tersebut tokoh "Bang Napi" selalu berpesan bahwa kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya tapi juga karena adanya kesempatan. Jadi, waspadalah, waspadalah..!

Divisi Humas Mabes Polri pada bulan April yang lalu memosting "Foto Dinding" di Halaman Facebooknya yang berisi tentang ciri-ciri orang yang mau berbuat kriminal. Berikut ini 10 ciri dari orang yang mau berbuat kriminal versi polisi tersebut.
  1. Naik motor, helm selalu tertutup atau kaca gelap.
  2. Parkir motor, mesin selalu hidup.
  3. Berlagak cari cost.
  4. Mondar-mandir tengok kanan kiri (wira-wiri).
  5. Menggiring mesin motor mati, seolah bensin habis.
  6. Berlagak kenal dengan penghuni rumah.
  7. Berpenampilan seperti mahasiswa atau mahasiswi.
  8. Menawarkan barang atau jasa dengan memaksa.
  9. Berjalan dengan tergesa-gesa.
  10. Pemulung berani masuk ke area pekarangan rumah.


Bila kita menemui orang dengan ciri-ciri seperti di atas, sebaiknya kita jangan lengah dan selalu harus tetap waspada. Di bawah ini adalah foto dinding yang diambil dari Halaman Facebook tersebut.

Ciri-ciri Orang yang Mau Berbuat Kriminal
Ciri-ciri Orang yang Mau Berbuat Kriminal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar