Jumat, 02 November 2012

Tips Membeli Rumah

Tips Membeli Rumah - Bagi Sobat yang baru pertama kali membeli rumah, ada baiknya menyimak tips di bawah ini agar terhindar dari permasalahan.

1. Tentukan lokasi yang diinginkan.

Pastikan lokasi gampang dijangkau dari tempat Sobat bekerja atau tempat Sobat banyak menghabiskan waktu sehari-hari. Bila waktu memungkinkan, lihatlah lokasi tersebut pada jam berangkat dan pulang bekerja. Dengan melakukan hal ini Sobat bisa membayangkan waktu tempuh saat telah tinggal di sana.

2. Lihat kebutuhan dan fasilitas pendukung.

Fasilitas yang dimaksud adalah seperti  jumlah kamar, PAM, listrik, dapur, jalan umum, pasar, sekolah, rumah sakit, akses angkutan umum, da lain sebagainya. Hal ini bisa Sobat tanyakan keberadaannya saat Sobat berkonsultasi dengan pihak penjual kelak.

3. Tentukan budget yang akan dialokasikan untuk membeli rumah.

Tentukan jumlah uang muka yang Sobat miliki dan carilah perumahan dengan uang muka yang sesuai budget Sobat. Pastikan cicilan yang diajukan oleh pengembang maksimal 1/3 dari total pemasukan Sobat (ditambah dengan pasangan ). Hal ini sebagai patokan Sobat agar tetap bisa hidup nyaman saat sedang mencicil rumah.

4. Tentukan minimal 3 calon perumahan dan kenali pengembangnya.

Hal ini membuat Sobat bisa memilih dengan leluasa dan menentukan perumahan mana yang terbaik. Baik dari segi fasilitas maupun dari sisi yang lainnya. Kenali pengembang perumahan dan rekam jejaknya dalam membangun rumah sebagai bahan pertimbangan Sobat saat memilih.

5. Persiapkan dana tunai untuk administrasi.

Biaya administrasi yang jumlahnya bisa mencapai belasan juta rupiah ini adalah untuk uang tanda jadi, uang muka, akte jual beli, biaya balik nama sertifikat dan biaya jasa notaris serta biaya lain-lainnya.

6. Gali informasi tentang perumahan.

Informasi mengenai hal ini didapat jangan hanya dari pengembang, tetapi tanyakan juga kepada warga sekitar yang sudah lebih dulu tinggal di daerah sana mengenai kesan dan keluh kesah apa yang mereka rasakan saat tinggal di daerah tersebut. Hal ini bisa dijadikan pertimbangan apakah Sobat akan betah jika tinggal di sana.

Semoga bermanfaat bagi Sobat. Cukup sekian tulisan singkat yang dapat saya ketikkan di Blog Mulyono Website ini. Semoga dapat berguna buat teman-teman sekalian, terutama buat sahabat blogger di indonesia. Jangan pernah lupa untuk membagikannya di jejaring sosial facebook, twitter dan google plus. Sampai ketemu di informasi berikutnya, thanks sobat, Heppy Bloging!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar